Atasi Lumut Dengan Garam Dapur

Salam Griya..!!

Pasti di tiap rumah selalu ada yang namanya garam karena bumbu masak yang satu ini memegang peranan vital sebagai penyedap rasa makanan. Tapi pernah gak sih terpikir oleh kita bahwa ternyata garam juga bisa dipakai untuk menghilangkan lumut membandel yang kerap menempel di tembok atau lantai rumah kita. Mau tahu? berikut caranya.

Dinding atau lantai yang terbuat dari semen mudah ditumbuhi oleh lumut apalagi jika kondisinya selalu lembap, kurang terpapar sinar matahari dan tidak dilapisi pelindung (coating) terlebih dahulu. Hal ini tentu saja kurang sehat dan juga berbahaya karena lantai yang ditumbuhi lumut akan menjadi licin. Agar pertumbuhan lumut tersebut tidak semakin menjadi-jadi maka kita bisa memakai garam untuk membasminya, keuntungannya selain mudah penerapannya juga murah meriah.

  1. Siapkan air sekitar dua literkemudian campurkan dengan tiga sendok makan garam.
  2. Kemudian larutan campuran garam itu sampai mendidih.
  3. Dalam keadaan masih panas siramkan larutan garam tersebut ke bagian yang ditumbuhi lumut.
  4. Bersihkan bagian yang berlumut dengan dikerok atau disikat.
  5. Akhirnya setelah semua lumut lepas siramkan sekali lagi bagian bekas lumut itu dengan sisa larutan garam.

Nah gampang kan..sekarang tinggal dipraktekkan deh di rumah kalian masing-masing. Cara ini lumayan ampuh kok untuk menghilangkan lumut dan mencegahnya untuk kembali lagi dalam waktu cukup lama..Selamat mencoba..!!!

2 Comments »

  1. Hadi said

    kalo lumut dalam penampungan Torn) air gmn ya cara menghilangkannya,

  2. pikusay said

    Bisa dengan menggunakan kaporit yang ditambahkan ke dalam toran didiamkan beberapa saat lalu kuras dengan membuka semua keran, hal ini juga berguna untuk membersihkan seluruh lumut yang timbul di sepanjang permukaan dalam pipa air distribusi di rumah.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a comment